Home / opini / Guncangan Perjuangan

Guncangan Perjuangan

By Komiruddin

Liputanpolitik.com,- Nasional. Ketika azam sudah ditancapkan dan bahtera siap berlayar, bukan berarti urusan sudah selesai. Justru itu awal dari ujian berat yang akan dihadapi.

Akan ada gelombang besar yang akan mengguncang bahtera dengan goncangan yang bisa jadi tak pernah dibayangkan sebelumnya.

Itu yang terjadi dengan bahtera yang ditumpangi nabi Nuh as. Ia dihantam ombak setinggi gunung.

وَهِيَ تَجۡرِي بِهِمۡ فِي مَوۡجٖ كَٱلۡجِبَالِ

Dan kapal itu berlayar membawa mereka ke dalam gelombang laksana gunung-gunung [Surat Hud, Ayat 42]

Namun bahtera tersebut tetap berlayar dan tidak tenggelam, dan bersama berjalannya waktu ombak menjadi tenang dan banjir segera menyurut. Dan orang-orang zhalimpun binasa..

وَقِيلَ يَٰٓأَرۡضُ ٱبۡلَعِي مَآءَكِ وَيَٰسَمَآءُ أَقۡلِعِي وَغِيضَ ٱلۡمَآءُ وَقُضِيَ ٱلۡأَمۡرُ وَٱسۡتَوَتۡ عَلَى ٱلۡجُودِيِّۖ وَقِيلَ بُعۡدٗا لِّلۡقَوۡمِ ٱلظَّٰلِمِينَ

Dan difirmankan, “Wahai bumi! Telanlah airmu dan wahai langit (hujan!) berhentilah.” Dan air pun disurutkan, dan perintah pun diselesaikan dan kapal itupun berlabuh di atas gunung Judi, dan dikatakan, ”Binasalah orang-orang zhalim.” [Surat Hud, Ayat 44]

Rahasianya adalah menjadikan seluruh tujuan karena Allah dan bermuara kepada ridha Allah Dari mulai berlayar, saat berlayar sampai akhir pelabuhan.

۞وَقَالَ ٱرۡكَبُواْ فِيهَا بِسۡمِ ٱللَّهِ مَجۡرٜىٰهَا وَمُرۡسَىٰهَآۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٞ رَّحِيمٞ

Dan dia berkata, ”Naiklah kamu semua ke dalamnya (kapal) dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang.” [Surat Hud, Ayat 41]

Jadi, jika niat sudah lurus, tekad sudah kuat dan jalan sudah benar, jangan pernah khawatir. Allah pasti akan membimbing dan menunjuki jalan. AJM/RedLP.

Jakarta, 5 Juli 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *