Home / GARBI INDONESIA / KISAH LOGO GARBI (1)

KISAH LOGO GARBI (1)

Oleh : Ariyadi Arnas

Liputanpolitik.com,- Nasional. “Nama saya adalah Ariyadi Arnas. You can call me Ayas or Yadi. Asal kota Makassar. Kelahiran 1985. Domisili Jawa Timur. Anak pertama dari 3 bersaudara : @ariyadi.arnas, Youtuber Cikiring @arwandi.ashari, si Bu Dosen @andariniasri. Lulusan UNHAS Teknik Industri angkatan 2004. Emang dari kecil suka menggambar, suka membuat kreasi2 ngasal, bahkan menggambar pake Paku di body mobil Bapak (alm). Namanya juga anak-anak.”

Masih teringat, ketika itu ada 3 orang sahabat dari Kota Makassar menghubungi saya. Mereka adalah Bang Irwan Inspirer, Pak Taslim Tamang (Sang Komander), dan Cikgu Mustain Ruddin. Banyak informasi tentang pergolakan politik, kebangsaan, keindonesiaan, trend dunia yang sempat kami perbincangkan. Mulai dari dalam negeri sampai luar negeri.

Pahamlah kegundahaan hati ini terkait berita-berita yang beredar. Saya pun yakin dan percaya Indonesia punya harapan menjadi pelopor kebaikan, pelopor peradaban baru di dunia. Pernah terbersit dalam pikiran, Indonesia ini negara besar. Kok, blum bisa jadi pemain dunia ya? Atau contoh paling kecil, Bahasa Indonesia dipakai oleh warga Dunia, selayaknya Bahasa Inggris, Bahasa Spanyol, Bahasa Arab. Kiblat peradaban itu di Indonesia. Betul-betul hal yang tidak pernah terpikirkan, atau setidaknya dulu sering mem-beo terhadap keberhasilan orang Barat. Namun sekarang berubah pikiran. Betul-betul Arah Baru Indonesia.

Atau imajinasi ASEAN menjadi 1 negara Adidaya yang bernama Nusantara dan juga memberi banyak manfaat dalam dunia Pendidikan, IPTEKS, Ekonomi, Pangan, Sosial, Budaya, Keamanan, Pertahanan, dll. Saling Toleransi, Saling Menjaga satu sama lain. Memancing Ikan di wilayah Nusantara, dan tak perlu sampai menenggelamkan kapal-kapal Nelayan. Ini imajinasiku saja, bukan dari Arah Baru Indonesia. Setidaknya ABI lebih fokus ngurus Indonesia. Imajinasi liar namun menyenangkan. Siapa yang larang?

Saat itu, Tgl 12 Agts 2018. Bang Irwan via Facebook Messanger : “Assalamu’alaikum. Bisa diminta tolong desain sebuah logo? Butuh sentuhan biar eye catching.” sambil mengirimkan sebuah desain logo GARBI awal berupa tulisan, typografi.

Lalu Tgl 13 Agts 2018. Pak Taslim hbungi via Telegram: “Assalamu’alaikum, Bisa buat Logo dlm bentuk tulisan GARBI (Gerakan Arah Baru Indonesia) Dibawahnya tertulis Nasionalis Relijius Demokrasi Kesejahteraan. Motif warna main di Merah Putih dan Hitam. 2 hari langsung sosialisasi.”

SAYA LANGSUNG KAGET. KAGET SEKAGET-KAGETNYA.. WOW FANTASTIS, BOMBASTIS. Dlm hati kenapa harus saya?

Kan ada desainer lain? Sy pikir ini akan berisiko besar dan panjang. Bisa menjadi perdebatan. Pertanggungjawabannya pun berat. Belum lagi sy harus buat konsepnya, searching, skets2 gambarnya, buat filosofi, blum lagi masih numpuk pekerjaan Logo lainnya. Pikiran sy waktu itu. “BTW, Ini Ormas atau Partai?” Jawaban mereka sama : Ormas. Baru kali ini sy dipercaya membuat logo Ormas Kebangsaan yang skala Nasional. Wah, pokoknya amburadul dalam kepala. Konsekwensinya Besar.”

Dengan penuh pertimbangan, sy bilang : “InsyaAllah. Logo memang perlu byk referensi, jadi memang agak lama. 2 hari mmg belum ckup. InsyaAllah sy coba desainkan yg terbaik.” (Padahal Keringat Dingin).

YA ALLAH.. Betul-betul ini cobaan. Begadang 2 hari 2 malam. Baca buku ini itu, Baca tulisan ini dan itu. Searching Kalimat2 yg melekat kpd ABI ini. Ketemulah Beberapa kata : “Kita akan Melakukan Lompatan Besar”, “Langit kita Tinggi tapi kita terbang rendah”, “Peradaban Dunia”, “Kita Perlu GPS Baru”, “Ide-Ide Baru”, “Arah Baru Indonesia” dll.

Sejenak sy melihat peta dunia dan tertuju pada Peradaban Dunia dan Peradaban Islam ketika di Mulai dari Mesir kuno, Babylonia, India, China, Mesopotamia hingga peradaban Yunani. Dan juga dari Mekah, Madinah, Jerusalem, Damaskus, Baghdad, Iskandariah, Bukhara, Fes, Cordoba, Istanbul, Aceh, Malaka. Bentuknya bagai spiral yang membesar. Terakhir jatuh di Nusantara. Dari situlah sy mendapatkan Ide Filosofi Awal dari Logo Garbi adalah : “Peradaban Dunia Bangkit dari Timur.”

Tunggu Kisah Selanjutnya di “KISAH LOGO GARBI (2)”

GARBI JATIM, GARBI, GARBI Jakarta,

#garbi
#garbijawatimur
#arahbaruindonesia
#fahrihamzah
#anismatta
#inatopfive
#logogarbi
#logoinspiration #logodesignerclub
#timnasday #timnasu22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *