A huge collection of 3400+ free website templates JAR theme com WP themes and more at the biggest community-driven free web design site
Home / Sosial / Live report Relawan Laskar Tabe gelar trauma healing untuk anak korban tsunami Sulteng (2)

Live report Relawan Laskar Tabe gelar trauma healing untuk anak korban tsunami Sulteng (2)

IMG-20181005-WA0006

LIPITANPOLITIK.COM
PALU – Relawan laskar Tabe ( Takalar Bersedekah ) yang bergabung di tim IZI ( inisiatif Zakat Indonesia ) Makassar terus berupaya memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban gempa dan tsunami Donggala Sulteng dan sekitarnya.

Hari ketiga di lokasi bencana, sayatan luka masih menganga untuk korban tsunami, mata nanar menyaksikan kekuasaan Allah atas semesta alam raya.

Kamis 4/10, saya dan tim IZI memutuskan untuk menyisir perumahan dan kamp penampungan pengungsian kiranya dapat membantu pertolongan khususnya kesehatan warga.

Kami menyisir dengan berjalan kaki, karena Bahan Bakar untuk transportasi sangat minim. Karena sudah hampir sepekan berada di tenda pengungsian alakadarnya.

IMG-20181003-WA0157

Sebagian anak anak di kamp pengungsian mulai terserang demam dan batuk pileg.

Dan sebagian besar pengungsi dari pesisir pantai Talise ( korban Tsunami), dan petobo ( korban lumpur ) masih sangat kekurangan bantuan logistik utamanya makanan.

Warga bertahan dengan membeli air botol aqua seharaga kisaran 150 ribu per dos. Listrik masih mati di daerah kami. Warga siang hari kembali ke puing rumahnya, dan kembali ke tenda pengungsian sore hari.

Di kamp pengungsian dan rumah warga, kami memeriksa kesehatan warga di Masjid Al Jami dan memberikan trauma healing bagi anak anak.

Kami memberikan makanan ringan dan mengajak bermain bersama, untuk membuat anak anak tersenyum kembali di tengah duka kemanusiaan.

di sana kami juga bertemu haji ramlah pengungsi dari tepian talise. Dia bercerita waktu kejadian dia dirumahnya saat  tiba2 gempa, rasax seperti di obang ambing, di angkat-hempas-angkat-hempas- lalu goncang kiri kanan. menuju pintu rumah saja butuh usaha karena terhempas. sambil dlihatkan bekas2 memar d badanx. belum cukup gempa datang rintik2 air.. sampai d mobil air mulai kelihatan dari arah laut.gelap sekali. Sayang macet sudah di jalan. jd saya pilih lari secepat mungkin. menurut cerita di tepian pesisir banyak korban mati, saat itu jelang pembukaan festifal palu Nomoni, banyak anak anak menggelar gladi, dan pedagng kecil di sekitar anjungan.. mereka langsung lari ke gunung. bertahan sehari lalu turun gunung menuju  camp kembali.

IMG-20181003-WA0058

ada juga nyonya asma 63 thn pengungsi di jalan dirgantara, mengaku anak prempuannya, cucu serta mertuanya  tertimbun lumpur di petobo.

ada juga nyonya  yohana 68thn di jalan kasuari, beliau sulit berdiri karena saat gempa terhempas kemana mana. nyeri di punggung sampai kaki. hanya bisa duduk di kursi roda. anggota keluarga yang lain mulai kelelahan karena hampir sepekan begadang tidak tidur di teras rumah karena rumhnya samping tower. takut di timpa kalau gempa lagi.

Hari ini kamis mulai di lakukan upaya evakuasi maksimal mayat di Petobo.
TNI dan relawan sangat luarbiasa.

Ada cerita yang bikin kami terenyuh,  pulang dari penyisiran,  kami diberi buah nenas hasil petik warga korban bencana dari belakang rumahnya. mangga dan kedondong juga.
Saya bergumam dalam hati, betapa dalam nilai cintanya untuk sesama. Meski menjadi korban gempa, kehilangan sanak keluarga dan harta benda, masih juga mau berbagi.
Terima kasih. Terima kasih.
Semoga luka Sulteng secepatnya pulih . Aamiinn.

Dr Mutmainnah
Relawan Laskar Tabe Takalar bergabung di IZI Makassar dan TNI.

Posko IZI di SDIT Al Fahmi jalan Gelatik Kelurahan Birobuli Utara Kec palu Selatan Kota Palu..

IMG-20181003-WA0033

IMG20181003210118

IMG-20180929-WA0073

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *