A huge collection of 3400+ free website templates JAR theme com WP themes and more at the biggest community-driven free web design site
Home / Politik / Orasi “arah baru Indonesia ” Anis Matta dimata netizen

Orasi “arah baru Indonesia ” Anis Matta dimata netizen

IMG-20180203-WA0040

Oleh anis matta / pakar geopolitik

Arah Baru Indonesia

Oleh Anis Matta ( pakar geopolitik global )
disarikan oleh Ridwansyah Yusuf
Dago Atas, 3 Februari 2018

Catatan Awal
Badan sore ini tidak terlalu sehat, selepas Magrib ditengah sejuknya Kota Bandung saya membuka laptop diatas meja kerja dan muncul sebuah tautan berjudul órasi anis matta-arah baru Indonesia. Saya klik tautan berikut dan menuju pada sebuah video.
Saya putuskan untuk mendengarkan video berdurasi 60 menit ini dengan harapan adalah ide dan inspirasi yang bisa menyegarkan pikiran dari rutinitas. Ternyata benar, ide Bpk Anis Matta segar dan menyenangkan pikiran.
berikut catatan yang bisa saya sarikan. Semoga bermanfaat untuk kamu yang tengah mencari narasi tentang dunia. Membacanya sambil santai saja 🙂

1. Untuk melakukan LOMPATAN besar, perlu adanya keyakinan dan kegembiraan.
2. Dalam perjalanan kemerdekaan Indonesia, Indonesia sudah dimana? Kita ini sudah sampai dimana?
3. Indonesia melalui dua gelombang
A. Gelombang menjadi Indonesia, melebur seluruh etnis. sistem politik kerajaan menjadi sebuah entitas sosial Indonesia. salah satu pengikatnya adalah sumpah pemuda
Indonesia sudah lahir sebagai bangsa terlebih dahulu baru sebagai negara
kesadaran ini di mulai dari 1908. Di ikuti tahun 1928 dan 1945 sebagai milestone menjadi bangsa baru, menjadi Indonesia
Struktur sosial dan sistem politik lama (kerajaan) tidak lagi relevan; tidak bisa melawan penjajahan. ketiga melebur menjadi satu, maka menjadi kesadaran akan kekuatan baru.
Dalam memilih bahasa, yang dipilih adalah bahasa melayu, karena adanya demokrasi (tidak ada kasta) dalam bahasa melayu. Tidak ada sistem waktu dalam bahasa kita (bahasa Indonesia)
Bagi orang Indonesia, waktu itu satu. Untuk maju kedepan,
B. Gelombang membangun negara bangsa (modern) Indonesia. di lalui di masa orde lama, orde baru, dan orde reformasi.
Semua periode ini adalah satu percobaan, eksperimen dalam membangun bangsa negara yang modern.

IMG-20180203-WA0036
Pergulatan yang terjadi adalah dalam upaya menemukan titik keseimbangan, dalam satu kesatuan sistem negara bangsa.
Orde Lama membangun fondasi kehidupan bernegara dan konstitusi; namun gagal memenuhi output dari konstitusi, yaitu kesejahteraan
Orde baru datang dengan antitesa dari Orde lama, dengan tesis untuk mewujudkan kesejahteraan diperlukan stabilitas dan pemerintah yang kuat. Ongkos dari kesejahteraan adalah reduksi demokrasi.
Orde Reformasi hadir dengan sebuah sintesa bahwa demokrasi dan kesejahteraan bisa berjalan beriringan; menjadi marwah dari ragam pergerakan di tahun 1998. Menciptakan kesejahteraan tanpa kediktatoran. Pemerintah kuat (strong government) tidak perlu berarti otoriter
setelah 20 tahun reformasi, kita masih sulit menemukan titik temu antara demokrasi dan kesejahteraan.
Kesejahteraan tidak berdiri sendiri, ia berhubungan dengan sistem lain, yaitu sistem ekonomi. saat reformasi mulai bergulir, konsep ekonomi yang terkait dengan kesejahteraan adalah ekonomi neo-liberal.
Perdebatan Tiga dimensi pembangunan : negara, pasar, civil society.
4. Antara potensi yang dimiliki Indonesia dan apa yang telah tercapai terdapat gap (jarak) yang sangat jauh. Padahal berbagai lembaga ekonomi Internasional banyak yang meramalkan masa depan Indonesia yang cemerlang
Sehingga, kita pada sebuah kenyataan bahwa Langit kita terlalu tinggi, namun kita terbang terlalu rendah.
5. Narasi (bahasa arab : Riwayat).
6. ‘cuaca’ langit kita yang akan diterbangi. semua situasi yang terjadi terkait dengan situasi global (geopolitik).
Kemerdekaan : ada fakta di global yang pengaruhi kemerdekaan, yaitu perang pasifik (perang dunia II), kekalahan Jepang menjadi peluang kemerdekaan Indonesia.
Akhir orde lama : peristiwa G30S, ditengah perang dingin terjadi peristiwa ini. diantara polarisasi dunia (soviet dan amerika). Setelah amerika kalah dari vietnam, banyak negara di asia dalam pengaruh soviet.
Sehingga membuat komunis (PKI) menjadi sangat percaya diri, dan yakin dapat menguasai Indonesia.
Awal orde baru : Indonesia bergabung dalam sistem kapitalisme global, sehingga mendapat sumber pendanaan untuk pembangunan Indonesia. Sehingga kita belum menggunakan internal resources Indonesia untuk pembangunan Indonesia
Pada tahun 1990an, soviet runtuh, dan barat menjadikan momen ini untuk mengukuhkan kemenangan nilai (demokrasi dan pasar bebas). periode 90an adalah revolusi demokrasi, asia timur- asia selatan dan di ikuti asia tenggara.
Peristiwa di Indonesia tidak bisa terlepas dari fenomena geopolitik global. kita perlu mengetahui apa yang terjadi di lingkungan kita, di sekitar kita, di tetangga kita, di dunia.
Apa yang akan kita lakukan akan tergantung pada sesuatu yang akan terjadi di sekiling kita.
7. Tahun 2008 terjadi krisis global; pakar sempat memprediksi ini merupakan akhir sistem pasar global. berbagai pemimpin kanan jauh (far – right) lahir. Terinspirasi oleh Vladimir Putin, yang mewarisi sebuah negara Rusia yang hancur lebur dan membangun negaranya.
Putin memilih untuk masuk ke sistem global namun dengan cara yang berbeda / baru. Pemimpin eropa baru terinspirasi dari putin. Menggunakan instrumen nasionalisme sebagai alat untuk melawan globalisme; mereka merasa bahwa globalisasi hanya dinikmati oleh sedikit orang dalam konteks kesejahteraan.
Adanya keyakinan lahirnya global government; negara sebagai sub-ordinat. Perusahaan dapat lebih digdaya daripada negara. Sebagaimana George Soros bisa membuat krisis di Asia Tenggara. Pusat kekuatan itu ada di pasar, bukan lagi di negara dan civil society. terjadi ketidakseimbangan.
Perlu alat perlawanan baru untuk globalisasi pro pasar.
8. Krisis 2008 masih berlanjut dan hingga kini belum ada jawabannya. Ekonomi riil akan mati di Amerika dan Eropa; ukuran ekonominya 70-80% global di tahun 2000an. Saat ini tinggal 60%, yang sebagiannya bergeser ke Asia.
Apa yang dilihat di Amerika, bukan lagi imigran miskin, tetapi warga kulit putih miskin. Tetapi ada faktor lain selain isu krisis, yaitu faktor teknologo. Pabrik-pabrik telah semakin canggih dan semakin sedikit menyerap tenaga kerja. Sehingga menggunakan nasionalisme sebagai perlawanan saja tidak cukup.
Kita akan terus pada ketidakpastian dan ketidakseimbangan dalam waktu yang cukup lama.
9. Sekarang ada krisis ideologi dan krisis kepemimpinan. Kita akan berada pada satu transisi yang sangat panjang. Membangun ketidakpastian dan melahirkan tedensi radikalisasi.
Ini yang menjelaskan konflik geopolitik meningkat, diskusi perang nuklir semakin meningkat. di tahun 90an tidak ada didengar tensi perang nuklir.
Yang terjadi dunia sedang akan melewati tiga rute,
A. Global Disorder, tidak ada lagi negara superpower, amerika tidak lagi di takuti, tidak ada penguasa tunggal. Tiongkok baru saja melakukan parade militer besar-besaran belakangan ini.
Turunnya wibawa Amerika dimulai sejak 2003, ketika bush datang ke Irak dilempar sepatu, simbol amerika tidak lagi ditakuti. Pelempar ini baru saja lepas penjara belakangan ini.
Arab springs salah satu tanda terjadinya arab springs, tidak ada pemegang kendali tunggal
B. Global Chaos. Negara paling aman dulu adalah eropa, kini ukraina pun berkonflik. Timur tengah berkonflik (Amerika, Rusia, dan Tiongkok pun terlibat)
Setiap satu accident akan memicu isu lain. Di Asia Tenggara ada isu laut cina selatan dan konflik korea. Ketidakpastian melahirkan radikalisasi
C. Global War. Jika terjadi rekonsiliasi maka akan bisa terjadi perang global. Grafik pertahanan negara besar terus naik / meningkat. Anggaran pertahanan Amerika 700 Milyar USD, meningkat dari tahun sebelumnya.
Belum ada tanda-tanda penyelesaian konflik konflik yang tengah terjadi yang bisa mengembalikan rekonfigurasi dari tatanan global saat ini. Saat ini tengah ada masalah yang tidak ada jawabannya. Sistem global saat ini tidak punya jawaban atas masalah saat ini.
Pemimpin dunia tidak punya legitimasi besar, punya potensi : tiongkok dan rusia.
Ada potensi revolusi sosial secara global.
Sistem tempat kita bergantung (ekonomi pasar) tengah goyang.
10. Pertanyaan selanjutnya, kita akan kemana setelah ini?
11. Untuk Indonesia; Dua Faktor; dunia sedang tidak seimbang. dan langit tinggi namun kita terbang rendah. perangkat pengetahuan membuat kita dapat terbang tinggi. dalam Quran (mayoritas sejarah), dalam kisah Rasul yang menjadi Raja (nubuah dan kerajaan); dimulai dengan ‘sungguh kami telah memberikan daud dan sulaiman sebuah ilmu’.
Wahai Manusia, ‘kita’ diajarkan logika / bahasa burung.
Surat Sulaiman kepada Ratu Balqis, “jangan sombong, datanglah kepada ku dalam keadaan menyerahkan diri”.
Jin Ifrit, saya akan membawa singgasana Ratu Balqis sebelum Raja Sulaiman berdiri.
12. Syarat untuk terbang tinggi adalah ilmu pengetahuan, perangkat pengetahuan untuk terbang tinggi. Ketika kita tidak punya kemampuan untuk terbang tinggi, maka rakyat di dalam pesawat akan protes.
Kita ingin terbang tinggi namun ‘cuaca’ mendung.
13. Perangkat apa saja yang diperlukan untuk dapat terbang tinggi? Kita tidak boleh menjadi follower; kembali ke masa politik bebas aktif. membuat jalan sendiri, jalan Indonesia baru. sebab situasi sekarang sudah datar, struktur telah berubah dengan dramatis.
Dengan apa yang kita miliki, rasanya kita bisa berada pada posisi terhormat.
Indonesia menjadi salah satu pemimpin global. Salah satu kekuatan arus utama global. Langkah-langkah yang perlu dilakukan
A. Konsolidasi Ideologi. ISLAM. NASIONALISME. DEMOKRASI. KESEJAHTERAAN. inilah komponen dari ideologi yang perlu di konsolidasi. dan mengakhiri era konflik nasionalis vs islam, demokrasi vs kesejahteraan.
Negara beragama, relijius, mencintai negara. demokrasi dan ingin membangun kesejahteraan
B. teori baru pertumbuhan; membangun ukuran ekonomi yang berkali-kali lebih besar. tentang mesin pertumbuhan baru Indonesia. membangun fondasi kesejahteraan jangka panjang. Kita belum masuk pada tingkat ini tapi akan.
C. mengubah pola / peta global stratejik partnership. tidak lagi follower namun pioneer. Rusia punya nuklir, sekala ekonomi tidak jauh dari Indonesia. tapi nuklir menjadi kekuatan sendiri. Putin tau cara dia pekerja; selain ekonomi, pertahanan di kuatkan.
Dua potensi leverage indonesia : ASEAN dan ISLAM. ide tentang global kedepan yang dapat ditawarkan kepada kekuatan dunia. ini akan jadi pembeda bagi Indonesia dan akan duduk di meja rapat yang sama. Bila anda sudah duduk di meja makan maka kita bisa ikut makan.
14. Menancapkan bendera Indonesia di mana-mana sebagai negara terhomat dan berwibawa. Santai saja kita akan melakukan LOMPATAN besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *