A huge collection of 3400+ free website templates JAR theme com WP themes and more at the biggest community-driven free web design site
Home / Politik / Presiden Singapura Halimah Yacob, sosok fenomenal dan menginspirasi

Presiden Singapura Halimah Yacob, sosok fenomenal dan menginspirasi

FB_IMG_1505257723969
Halimah Yacob / sumber facebook

LIPUTANPOLITIK.COM – Singapura –
Hari ini, Rabu 13 September 2017, negara Singapura akan melantik Presiden perempuan muslim pertama sejak negara ini berdiri. Halimah Yacob, perempuan muslimah melayu ini terpilih setelah dinyatakan satu-satunya kandidat yang memenuhi syarat sebagai Presiden Singapura. Sertifikat kelayakan sebagai Presiden untuk Halimah dikeluarkan oleh Departemen Pemilu Singapura. Empat kandidat lain dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Halimah terpilih, karena kebijakan dan kebesaran jiwa presiden Lie, amandemen Undang Undang menyatakan pergiliran kekuasaan presiden kepada beberapa etnis, etnis China, India, Melayu, dan etnis lain.

  1. FB_IMG_1505257626332

Perjalanan Halimah menjadi presiden tidaklah mudah, karir berliku di jalananinya dengan sabar.
Halimah menempuh pendidikan di di Singapore Chinese Girls School dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi Singapura jurusan hukum. Lulus kuliah ia bekerja di National Trades Union Congress (NTUC) sebagai bidang legal. Setelah 30 tahun akhirnya ia ditunjuk menjadi wakil sekretaris jenderal.

Halimah kemudian terjun ke dunia politik atas desakan Perdana Menteri Goh Chok Tong. Karir Halimah di bidang politik berkembang dengan pesat. Pada 2011 dia ditunjuk sebagai Menteri Negara di Kementerian Pengembangan Masyarakat, Pemuda dan Olahraga. Pada 2013, dia ditunjuk sebagai perempuan pertama Ketua Parlemen Singapura. Dan dia Halimah menjadi perempuan politisi handal.

Pada 2017, Halimah maju dalam pemilihan presiden dan menang. Kini Halimah sedang mempersiapkan diri untuk pelantikan Rabu (13/9) hari ini. “Saya ingin melayani rakyat Singapura dan negeri ini. Itu tujuan utama saya tak ada yang lain,” kata Halimah saat ditanya tujuan ikut Pemilu.

Di wartakan dari berbagai sumber. Halimah adalah anak bungsu dari lima bersaudara yang lahir di Queen Street, Singapura 1962. Orangtuanya keturunan Melayu. Ayahnya bekerja sebagai penjaga keamanan sedangkan ibunnya berjualan nasi padang, setelah suaminya meninggal. Ibunya menggunakan gerobak dorong saat berjualan di sekitar Jalan Shenton. Di usia 8 tahun Halimah sering ikut ibunya berjualan, membantu bersih-bersih, mencuci piring, membersihkan meja, hingga melayani pelanggan.

FB_IMG_1505257587167
Halimah yacob bersama muslimah / facebook

Tak pelak, perempuan muslimah Halimah Yacob pun menjadi sorotan dunia, salah satu keunikan dan kemampuan yang jarang dimiliki oleh perempuan lain adalah kepiawaiannya meramu keragaman banyak etnis di Singapura. Di lain sisi dia Halimah adalah pekerja keras untuk meraih cita cita membangun Singapura.
Halimah sosok yang memberikan inspirasi bagi muslimah dibelahan dunia muslim.
Kekaguman itu salah satunya ketua Rumah Keluarga Indonesia RKI Takalar.

Ketua RKI Takalar Ella Nurlailia menyatakan ” saya bangga dengan entitas muslimah yang disandang Halimah Yacob, menjadi presiden perempuan tidaklah mudah, apalagi berpenampilan islami, Halimah menginspirasi muslimah lain untuk sama sama menhadirkan kontribusi bagi tatanan dunia yang lebih sejahtera , ” ungkapnya melalui saluran telepon.

FB_IMG_1505257552703
Halimah Yacob bersama etnis India / faceebook

Siapa Halimah Yacob, berikut wikipedia.com :

Halimah binti Yacob ( lahir di Singapura, 23 Agustus1954, umur 63 tahun) adalah seorang politikus Singapura. dari ayah keturunan paternal India dan ibu keturunan Melayu.
Memulai karier politik sebagai seorang anggota partai pemerintah Partai Aksi Rakyat (PAP), dia menjabat sebagai Ketua Parlemen Singapura ke-9, dari Januari 2013 hingga Agustus 2017.

Ia adalah wanita pertama yang menduduki posisi ini dalam sejarah Republik Singapura. Ia adalah orang ketiga yang menjadi Ketua Parlemen dari ras minoritas secara berturut-turut, setelah Abdullah Tarmugi dan Michael Palmer.
Dia adalah Anggota Parlemen mewakili Perwakilan Konstituensi Kelompok Jurong antara 2001 dan 2015, dan Perwakilan Konstituensi Kelompok Marsiling-Yew Tee antara 2015 dan 2017.
Pada 7 Agustus 2017, dia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua dan anggota dan dari keanggotaannya di PAP untuk maju sebagai kandidat dalam Pemilihan Presiden Singapura 2017. ( acul ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *