Home / Uncategorized / SK-HD PEDULI SEJARAH KEPAHLAWANAN TAKALAR
9b991b73-9a27-4332-b8d4-00b27853f13c

SK-HD PEDULI SEJARAH KEPAHLAWANAN TAKALAR

Hari pahlawan selalu memantik heroisme akan kepahlawanan masa lalu. Takalar sangat kental dengan sejarah kepahlawanan yang telah banyak melahirkan pahlawan nasional seperti Pajonga Daeng Ngalle dan Ranggong Daeng Romo. Kedua pahlawan ini merupakan penggerak Laskar Pemberontak Rakyat Indonesia Semesta Sulawesi atau disingkat LAPRIS Sulawesi.

Memaknai hari pahlawan besok 10 Nopember 2016, SK-HD serius bertekad menjadikan budaya dan akar sejarah sebagai frame of reference dalam pemerintahannya kelak. Hari ini rabu 9/11, SK-HD dan masyarakat kecamatan Galesong Utara menggelar syukuran Hari Pahlawan.

Karaeng Galesong atau Imannindori Karaeng Tojeng adalah panglima perang kerajaan Gowa abad 17 silam. Imannindori menggerakkan rakyatnya untuk melawan kezaliman dan monopoli dagang VOC Belanda. Saat kerajaan Gowa tunduk pada perjanjian Bongaya, Imannindori dan pasukannya ke laut jawa bersama Trunojoyo memerangi VOC Belanda.

Salah satu poin penting terkait hal tersebut dalam 22 program unggulan SK-HD yang telah diluncurkan dan dinotariskan yaitu optimalisasi peran untuk gelar pahlawan karaeng Galesong. Heroisme kepahlawanan karaeng Galesong hampir terlupakan. Pemda Takalar tidak pernah mengungkit sejarah yang luar biasa ini. Pemangku kebijakan dan pemangku adat n seluruh elemen masy  dtuntut memberi pertimbangan n mendorong pemerintah pusat agar memberi pengakuan kepahlawanan bagi karaeng Galesong.

Syamsari mempertegas akan mengapresiasi nilai perjuangan karaeng galesong. Perannya akan dioptimalkan untuk gelar kepahlawanan sehingga takalar menjadi kota pahlawan.

Tenri Olle yasin Limpo selaku ketua tim pemenangan SK-HD mengatakan “SK-HD ini sosok yg tepat jadi bupati. Program budayanya sangat relevan krn mengangkat tradisi sejarah kepahlawanan yang tak terbantahkan”.

Ketua tim media hairil anwar juga mempertegas bahwa tim SK-HD akan mengkapitalisasi akar budaya dan sejarah kepahlawanan menjadi kebanggaan bagi masyarakat takalar. Sejarah bisa dinikmati dan menhasilkan PAD dengan  menggelar festival sejarah tahunan dan pembangunan musium sejarah untuk digunakan peserta didik setiap sekolah yang secara bergilir melakukan kunjungan sejarah. Sehingga Generasi takalar tumbuh  percaya diri dan mengetahui bahwa mengalir darah pahlawan di nadi mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *